Jenis-Jenis Kanker Vagina

Di Amerika Serikat, kanker vagina dua kali lebih sering dialami oleh wanita kulit hitam dibanding dengan wanita kulit putih. Walaupun tidak ada data kuat selain dari AS, dapat diperkirakan bahwa angka kejadiannya di negara berkembang jauh lebih tinggi daripada dari AS.

Kanker vagina memiliki beberapa katergori kanker dengan tingkat risiko yang berbeda pula, yakni :

1. Karsinoma sel skuamosa

Karsinoma sel skuamosa yang merupakan salah satu jenis dari kanker vagina banyak terjadi sekitar 85-90 %. Karsinoma sel skuamosa ini berawal dari epitelium vagina, umumnya banyak ditemukan pada wanita yang berusia 60-80 tahun. Karsinoma verukosa merupakan jenis dari karsinoma sel skuamosa dengan pertumbuhan kanker yang cukup lambat. Karsinoma ini tumbuh ke arah vagina dan terlihat seperti seperti kutil atau bunga kol. Karsinoma sel skuamosa tidak tumbuh secara tiba-tiba, kanker ini berkembang selama bertahun-tahun dari suatu perubahan prekanker pada vagina yang disebut neoplasi intraepitel vagina (NIVA).

2. Adenokarsinoma

Jenis kanker vagina yang angka kejadian atau kasus yang terjadi hanya 5-10 % , umumnya terjadi pada wanita yang berusia 12-30 tahun.

kanker vagina

kanker vagina

3. Melanoma maligna

bagian dari jenis kanker yang kasus terjadinya hanya 2-3 %. Jenis kanker vagina ini berawal dari sel-sel penghasil pigmen dan lebih sering terjadi di vagina bagian bawah.

4. Sarkoma

Jenis kanker vagina yang terakhir adalah kanker sarkoma yang angka kejadiannya hanya 2-3 %. Sarkoma ini tumbuh jauh di dalam dinding vagina, bukan pada epitelium. Beberapa jenis sarkoma yang paling banyak terjadi ditemukan adalah leiomiosarkoma yang umumnya menyerang wanita yang berusia diatas 50 tahun. Rabdomiosarkoma merupakan jenis kanker vagina yang umum dialami oleh anak-anak dan umumnya banyak terjadi sebelum usia 3 tahun. Sel-sel kanker dari rabdomiosarkoma hampir menyerupai dengan sel otot volunter yang merupakan suatu jaringan yang dalam keadaan normal tidak ditemukan pada dinding vagina.


=====================================

>>> Keladi Tikus (Typhonium Flagelliforme) Membantu Menghambat Pertumbuhan Kanker/Tumor dan Memelihara Daya Tahan Tubuh, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Kanker Vagina, Vagina and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *