Mencegah Kanker Vagina

Mencegah Kanker VaginaKanker merupakan salah satu jenis penyakit parah yang bisa dialami oleh siapa pun. kanker juga tidak hanya bisa menyerang satu bagian tubuh saja, tetapi kanker bisa menyerang seluruh bagian tubuh. wanita dan pria sama sama memiliki potensi untuk menderita penyakit kanker pada organ tubuhnya. Ada jenis penyakit kanker vagina yang dialami oleh wanita. Kanker vagina berbeda dengan jenis penyakit kanker servik, tetapi sama sama menyerang organ penting wanita.

Penyakit kanker vagina terletak dibagian vagina, sehingga kondisi ini bisa menyebabkan beberapa masalah kewanitaan. Ada dua hal yang memicu terjadinya kanker vagina, yang pertama kanker vagina sekunder dan yang kedua ialah kanker vagina primer. Kanker vagina sekunder bisa dikatakan jika vagina organ yang kedua yang terdapat sel kanker, karena ada organ tubuh lain yang lebih dulu terdapat sel kanker lalu menjalar ke vagina. Dan jika kanker vagina primer, sel kanker benar benar terdapat di vagina pertama kali.

kanker vagina

kanker vagina

Kanker vagina bisa dialami oleh wanita muda atau pun wanita muda, tetapi yang paling banyak menderita penyakit kanker vagina ialah wanita yang usianya telah mencapai 60 tahunan. Sel kanker yang ada di vagina lebih berpotensi terjadi pada wanita yang pada saat masih di dalam kandungan terkena obat diethylstilbestrol. Maka dari itu untuk wanita yang sedang hamil tidak bisa mengkonsumsi sembarangan obat karena alasannya bisa membahayakan kesehatan janin, baik pada saat masih di dalam kandungan atau pun ketika sudah lahir. Sama seperti jenis kanker pada umumnya, kanker vagina tidak diketahui secara pasti penyebabnya karena sel kanker akan muncul secara tiba tiba. namun, ada beberapa faktor penyebab kanker vagina.

Kanker vagina bias dialami oleh semua wanita, selain karena terkena suatu obat tertentu, kanker vagina bisa dialami karena infeksi pada vagina oleh virus. ada banyak jenis virus yang bisa menginfeksi tubuh, yang salah satunya ialah virus HPV yang merupakan virus penyebab penyakit kelamin. Selain di picu oleh virus HPV, virus yang tidak jauh berbeda seperti virus HIV pun meningkatkan risiko penyakit kanker rahim. Biasanya kedua virus tersebut bisa menginfeksi tubuh karena ditularkan oleh orang lain. penularan virus tersebut bisa dari hubungan seksual dengan orang yang lebih dulu terinfeksi, maka dari itu berhubungan intim harus dengan pasangan yang sehat dan tidak sering ganti.

Mencegah Kanker Vagina

Penyakit kanker vagina selain bisa dialami akibat virus, juga bisa disebabkan oleh hubungan seksual terlalu dini. tidak baik jika wanita sudah berhubungan intim ketika usianya masih dibawah umur, karena sel sel di dalam tubuh masih baru berkembang, sehingga bisa sangat mudah untuk terdapat sel kanker. sel tidak normal yang tumbuh pada vagina pun bisa berubah menjadi sel kanker, karena itu hati hati menjaga kesehatan vagina. wanita yang berpotensi untuk menderita kanker vagina pun bisa dari kalangan wanita yang menjadi perokok aktif. Sebab tidak baik jika menjadi perokok aktif, baik itu wanita atau pria.

Lebih besar potensi penyakit kanker apabila lebih dulu mengalami penyakit kanker di bagian tubuh yang lainnya. sebab tidak normalnya pertumbuhan sel bisa dialami secara tiba tiba. karena itu melakukan tes pap smear yang merupakan rangkaian tes yang bisa dilakukan oleh wanita setiap tahun sangat penting. Gejala kanker vagina pun tidak terlalu jelas, biasanya jika sudah parah baru akan muncul gejala. Gejala yang bisa terjadi bisa gatal vagina, atau pun keputihan tidak normal karena bercampur dengan darah. setiap kali berhubungan intim pun vagina bisa berdarah jika terdapat sel kanker. gejala lainnya bisa menyebabkan nyeri di bagian vagina pada saat buang air kecil, seperti sedang mengalami infeksi saluran kemih. Kanker vagina bisa sembuh jika usia masih belum terlalu tua, sebab pengobatan untuk orang tua bisa lebih lama.

Karena itu mencegah kanker vagina sejak dini sangat dianjurkan agar tidak bermasalah dikemudian hari. Di bawah ini beberapa cara untuk mencegah kanker vagina :

  • Hubungan seksual yang sehat, mencegah kanker vagina tidak sulit jika sudah mengetahuinya. Mencegah kanker vagina yang pertama bisa dengan melakukan hubungan seksual yang sehat. hindari hubungan seksual sejak dini, jika belum di usia 20 tahunan sebaiknya tidak dilakukan. untuk mencegah kanker vagina pun harus berhubungan seksual yang sehat dengan tidak mengganti pasangan.
  • Tidak merokok, selain hubungan seksual yang sehat, mencegah kanker vagina dengan menghindari rokok. Kini tidak sedikit wanita yang merokok, padahal rokok buruk untuk tubuh. rokok bisa menyebabkan berbagai macam kanker, yang salah satunya juga kanker vagina.
  • Lakukan tes pap smear secara teratur, mencegah kanker vagina juga dengan melakukan tes pap smear secara teratur. Jika usia sudah mencapai 25 tahun sebaiknya teratur melakukan tes ini sebanyak tiga tahun sekali. Dan untuk orang usia lanjut diatas 50 tahun bisa melakukan tes lima tahun sekali.
  • Suntik vaksin, untuk mencegah kanker vagina sebaiknya mendapatkan suntik vaksin virus HPV dan juga virus HIV sehingga lebih kecil risiko menderita kanker vagina. (By:RM)

Mencegah Kanker Vagina


=====================================

>>> Keladi Tikus (Typhonium Flagelliforme) Membantu Menghambat Pertumbuhan Kanker/Tumor dan Memelihara Daya Tahan Tubuh, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Kanker Vagina and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *