Organ Reproduksi Wanita

Vagina merupakan organ reproduksi wanita yang memiliki saluran sepanjang 7,5-10 cm, dengan ujung atasnya berhubungan dengan serviks (leher rahi, atau bagian terendah dari rahim). Sedangkan ujung bawahnya berhubungan dengan vulva.

Vagina dikelilingi oleh dinding vulva yang dilapisi oleh epitelium yang terbentuk dari sel-sel skuamosa.  Kemudian di bawah epitelium ini terdapat jaringan ikat, otot involunter, kelenjar getah bening dan persarafan. Dinding vagina memiliki banyak lipatan yang berfungsi untuk membantu vagina tetap terbuka ketika berhubungan intim atau prosse persalinan berlangsung secara normal.

Bagian organ reproduksi wanita

Kanker vagina merupakan kanker pada wanita usia lebih dari 50 tahun dengan gambaran ASR yang sama dengan kanker vulva yaitu meningkat secara gradual sepanjang hidupnya dengan puncaknya pada usia setelah 80 tahun.

Menurut International Federation of Gynecology and Obstetrics (FIGO), keganasan incasif yang melibatkan serviks dan vagina diklasifikasikan sebagai keganasan servikal. sebagai tambahan, vagina merupakan lokasi metastasis (perkembangan) dari keganasan serviks dan endometrium tersering sehingga semakin sulit untuk menentukan lokasi primer keganasan.

Angka five years survival rate (rata-rata kemampuan hidup dalam 5 tahun setelah terdeteksi adanya kanker dadalh 50 % sama dengan kanker serviks). Kanker vagina primer jarang terjadi, kira-kira 1-2 % dari seluruh kanker ginekologi. kontinuitas jaringan antara vagina dan serviks menyebabkan insiden kanker vagina sulit dikenali. Insiden yang dilaporkan sangat sedikit. Antara tahun 1985-1994 terjadi 4.885 kasus kanker vagina yang dilaporkan. Sebanyak 2.100 kausus dilaporkan ACS untuk tahun 2001.


=====================================

>>> Keladi Tikus (Typhonium Flagelliforme) Membantu Menghambat Pertumbuhan Kanker/Tumor dan Memelihara Daya Tahan Tubuh, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Kanker Vagina, Vagina and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>